Langkah-langkah persiapan perbaikan konektivitas jaringan

on Minggu, 04 Oktober 2009
Persiapan untuk melakukan perbaikan konektifitas jaringan padakomputer client yang bermasalah harus terlebih dahulu mengetahui peralatan-peralatan yang akan digunakan dan dibutuhkan dalamjaringan tersebut. Selain peralatan dalam proses perbaikan konektifitas kita juga harus mengetahui jenis topologi jaringan yang digunakan oleh komputer client tersebut. Hal ini dilakukan agar dalam proses persiapan dan proses perbaikan kita tidak menggunakan sistem trial and error yang berarti kita hanya mencoba-coba saja tanpa mengetahui permasalahan yang dihadapi sebenarnya. Pada pembahasan berikut akan membahas tentang persiapan perbaikan konektiftas pada jaringan dengan topologi Bus dan Star. Alasan pembahasan hanya pada jaringan dengan topologi Bus dan Star karena kedua jaringan paling banyak digunakan.
1) Persiapan Perbaikan Konektivitas pada Jaringan denganTopologi Bus Merupakan topologi fisik yang menggunakan kabel Coaxial dengan menggunakan T-Connector dengan terminator 50 ohm pada ujung jaringan. Topologi bus menggunakan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup serta sepanjang kabel terdapat node-node.Peralatan atau bahan yang dibutuhkan untuk jaringan dengan TopologiBus adalah:



a) Kartu Jaringan (Network Interface Card/ LAN Card)a. Kartu jarinagn (LAN Card) ISA dengan konektor BNC dan RJ45
b. Kartu jarinagn (LAN Card) ISA dengan konektor BNCb) Kabel dan konektorJenis kabel coaxial diantaranya kabel TV (kabel Antena), thickcoaxial dan thin coaxial kecepatan transfer rate data maximum 10mbps.Konektor yang digunakan dalam jaringan Topologi Bus adalahdengan menggunakan konektor BNC.
Konektor BNC ada 3 jenisyakni:
a) Konektor BNC Konektor BNC yang dipasangkan pada ujung-ujung kabelcoaxial.
b) TerminatorBNC Konektor BNC dipasangkan pada ujung-ujung Jaringan denganTopologi Bus yang memiliki nilai hambatan 50 ohm.
c) TBNCA adalah konektor yang dihubungkan ke kartu jaringan (LANCard) dan ke Konektor BNC ataupun ke terminator untuk ujungjaringan.

2) Persiapan Perbaikan konektifitas pada Jaringan dengantopologi StarTopologi Star adalah topologi setiap node akan menuju node pusat/sentral sebagai konselor. Aliran data akan menuju node pusat barumenuju ke node tujuan.Topologi ini banyak digunakan di berbagai tempat karena memudahkanuntuk menambah, megurangi dan mendeteksi kerusakan jaringan yangada. Panjang kabel tidak harus sesuai (matching). Kerugian terjadi padapanjang kabel yang dapat menyebabkan (loss effect) karena hukum konduksi, namun semua itu bisa diabaikan.
Peralatan atau bahan yang dibutuhkan untuk jaringan dengan Topologi Bus adalah:
1) Kartu Jaringan (Network Interface Card/ LAN Card)
a. Kartu jarinagn (LAN Card) PCI dengan konektor BNC dan RJ45
b. Kartu jarinagn (LAN Card) PCI dengan konektor RJ 45
2) Kabel dan Konektor Kabel yang digunakan dalam Jaringan dengan topologi star adalahUTP (Unshielded Twisted Pair).
3) Switch/Hub

0 komentar:

Posting Komentar